Tengah malam, Jokowi ziarah ke makam Soekarno


Tengah malam, Jokowi ziarah ke makam Soekarno
Calon Presiden Joko Widodo ziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (27/6) tengah malam. Kedatangannya ke Blitar ini pun berlangsung beberapa menit saja.

"Saya ucapkan terima kasih, saya menghargai dan bahagia sekali. Saya juga mohon maaf, karena masih ditunggu di Tulungagung dan Trenggalek, jadi sebentar-sebentar," katanya saat ditemui setelah ziarah di makam Bung Karno, Sabtu (28/6) dini hari, seperti dilansir Antara.

Kedatangan Jokowi sudah ditunggu para simpatisan serta warga di makam Bung Karno di Kecamatan Sanan Wetan itu. Jokowi datang dengan rombongan setelah sebelumnya melakukan perjalanan darat dari Malang.

Warga yang semula berjejer dengan rapi, semburat dan berusaha mendekati Jokowi. Mereka ingin berjabat tangan, dan bertemu langsung dengan calon Presiden tersebut.

Petugas sempat kerepotan karena warga berdesak-desakan ingin mendekati Jokowi. Akhirnya, dengan barikade petugas, Jokowi dan rombongan masuk ke dalam kompleks makam.

Warga pun tidak bisa mendekati ke kompleks makam, karena pintu masuk diblokir petugas. Bahkan, para jurnalis yang meliput juga tidak bisa masuk.


Jokowi dengan rombongan hanya sekitar 15 menit berdoa di dalam makam. Ia dengan rombongan lalu keluar dan menyapa warga yang sudah sejak lama menunggunya. Berbagai teriakan Jokowi Presiden juga terlontar dari para kader maupun simpatisan partai, dan rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Tulungagung dan Trenggalek.

Sejumlah simpatisan sempat menyayangkan dengan jadwal kedatangan Jokowi yang ternyata molor. Awalnya, Jokowi akan datang pukul 19.00 WIB, tapi nyatanya baru datang tengah malam.

Jokowi akan melanjutkan rangkaian kampanye di Jatim. Kegiatan itu direncanakan berlangsung sampai tiga hari, terhitung mulai Jumat (27/6).

Rombongan Jokowi naik angkutan udara ke Surabaya dan melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi. Setelah itu, rombongan ke Jember lalu menggunakan jalur udara ke Malang.

Setelah dari Malang, Jokowi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jalur darat ke Blitar untuk ziarah ke makam Bung Karno. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Trenggalek lalu ke Madiun.

Rombongan Jokowi menginap di kota yang terkenal dengan menu jajanan berupa brem ini. Pada Sabtu Jokowi direncanakan memberangkatkan jalan sehat dan senam pagi, lalu menerima hasil pertanian dari kelompok tani di Ngawi berupa sumbangan beras, setelahnya berkunjung ke PP Siddiqiyah, Ploso, Kabupaten Jombang, lalu ke Sidoarjo, dilanjut ke acara dengan grup musik Slank di Stadion Tambaksari, Surabaya, lalu ke Gresik, Lamongan, dan pada Minggu (29/6) blusukan ke Pasar Babat, Lamongan. Selanjutnya Jokowi kembali ke Jakarta.

0 Response to "Tengah malam, Jokowi ziarah ke makam Soekarno"