12 Tips Sebelum belanja di Toko Online

12 Tips Sebelum belanja di Toko Online
12 Tips Sebelum belanja di Toko Online - Pertumbuhan internet baik dalam hal teknologi maupun pengguna seolah mampu menarik perhatian para pelaku bisnis sehingga tidak dapat dipungkiri keberadaan toko online busana maupun elektronik sudah sangat menjamur dan mudah ditemukan.

Dengan berbagai kelebihan dan penawaran yang deberikan oleh toko online, kini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kegiatan belanja online murah sudah menjadi suatu kebiasaan yang dapat memberikan banyak kelebihan dan keuntungan. Selain lebih praktis, belanja online semakin digandrumi karena barang-barang online biasanya ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah.

  1.  Gunakan komputer pribadi, jangan memakai komputer umum seperti komputer warnet atau komputer perpustakaan
     
  2. Baca dulu cara belanja dan peraturan-peraturan pada toko online tersebut, biasanya ada pada laman Cara Belanja dan FAQ
     
  3. Cek identitas toko online tersebut, misalnya: alamat email, No Telp / HP, YM, pin BB apakah masih aktif atau tidak
     
  4. Cek statistik toko online
    Lihat 3 indikator utama untuk mempercayai suatu web, khusus toko online disarankan mempunyai :
    Domain Age / Umur Toko Online : min 1 tahun ke atas, via Who.is
    Google Page Rank : min rank 1 (semakin tinggi semakin baik)
    Alexa Rank : Di bawah 1 juta (semakin kecil semakin baik) via www.alexa.com
     
  5. Jangan tergiur dengan harga super murah yang tidak masuk akal dan jangan langsung berbelanja dalam jumlah besar, coba dulu belanja produk yang murah
     
  6. Rajin browsing. Ibarat window shopping, cara ini membuat Anda tahu perbandingan harga, ongkos kirim dan biaya-biaya yang ditimbulan dan jaminan. Bukan tak mungkin, untuk barang yang sama, toko online A menawarkan diskon, atau memiliki program buy back guarantee.
  7. Pilih toko bereputasi baik. Dengan membaca komentar pembeli terhadap toko tersebut. Jangan gengsi untuk tanya dan minta rekomendasi teman.
  8. Periksa nomor telepon penjual dan coba hubungi! Kalau Anda merasa ada yang tidak beres, tinggalkan saja situs itu.
  9. Baca cermat deskripsi produk karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik. Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.
  10. Jangan cepat jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah.
  11. Periksa harga total  dari harga barang plus ongkos bungkus ditambah ongkos kirim, adakah biaya-biaya lain dan seterusnya. Cek juga fasilitas diskon, siapa tahu Anda sedang beruntung.
  12. Simpan bukti transaksi  termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan salinan e-mail antara Anda dengan penjual.
Ada pula yang beranggapan, yang aman adalah toko online yang juga memiliki toko offline. Ini juga tidak sepenuhnya benar. Karena ide adanya toko online adalah untuk mengurangi bahkan meniadakan kegiatan jual beli offline.

Saya sendiri lebih percaya dengan yang mencantumkan alamat jelas, baik berupa toko offline atau cuma alamat rumah. Bukti transfer, bukti pengiriman barang dan testimoni juga merupakan alat promosi toko online yang meyakinkan.

Namun disana tetap ada kemungkinan keluhan konsumen. Toko online yang baik tidak akan takut mencantumkan keluhan konsumen, karena didunia ini tidak ada yang sempurna. Tidak mungkin tidak ada kesalahan. Tidak mungkin selamanya dipuji-puji. Yang penting toko online itu bertanggung jawab dengan semestinya.

0 Response to "12 Tips Sebelum belanja di Toko Online"